CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Hi.. iT'z Me... ^ ShieLdA ^..

WeLcOmE To My HoMePaGe..

Senin, 31 Agustus 2009

TATA EKONOMI INTERNASIONAL BARU

Tata Ekonomi Internasional Baru

The New International Economic Order (NIEO) diperuntukan bagi para negara- negara berkembang untuk dapat meningkatkan perkembangan dibidang pembanguna , perdagangan, politik, dan akademik yang dijembatani oleh PBB. Yang diharapkan agar dapat mempromosikan kepentiangan tiap negara dan memperbaiki kondisi perdagangan negara tersebut, dsb. Hal itu dimaksudkan untuk menjadi suatu revisi dari sistem ekonomi internasional dalam mendukung negara-negara Dunia Ketiga, menggantikan sistem Bretton Woods, yang menguntungkan negara-negara terkemuka yang telah menciptakan itu - khususnya Amerika Serikat dan Inggris.
Dalam Prinsip utama NIEO adalah Negara-negara berkembang harus diberi hak untuk mengatur dan mengendalikan kegiatan perusahaan multinasional beroperasi di wilayah mereka. Mereka harus bebas untuk menasionalisasi atau mengambil alih kepemilikan asing pada kondisi yang menguntungkan bagi mereka. Mereka harus bebas untuk mengatur asosiasi produsen komoditas primer yang mirip dengan OPEC; semua Negara harus mengakui hak ini dan menahan diri dari mengambil ekonomi, militer, atau tindakan politik dihitung untuk membatasi itu.

Perdagangan internasional harus didasarkan pada kebutuhan untuk memastikan stabil, adil, dan membasahkuyupi harga bahan baku, umum non-timbal balik dan non-diskriminatif preferensi tarif, serta alih teknologi kepada negara-negara berkembang dan harus memberikan bantuan ekonomi dan teknik tanpa ikatan apapun.

Dan Pada tahun 1985, Amerika Serikat dan Britania Raya menarik keanggotaan mereka UNESCO dan Benua ketiga keanggotaan negara-negara yang mempertahankan kepentingan mereka berbalik kepada mereka sendiri pembangunan nasional, menyadari mereka tidak dapat mengasingkan dua negara adidaya global dalam pencarian mereka sendiri untuk maju itu adalah pada tahun 1980-an bahwa amerika serikat, di bawah kepemimpinan presiden Regan, dan britain yang besar, di bawah Perdana Menteri Margaret Thatcher, bergerak ke arah kapitalisme dan deregulasi agresif, mencari dan mendorong privatisasi pasar di seluruh dunia, kritik pedas mengikuti teori modernisasi dan serangan pada media ketidakseimbangan arus oleh NWICO NWEO dan perdebatan, para ahli ekonomi politik seperti Menurut Mattelart (1979), Schiller (1969) dan Hallin (1994), Dominasi seperti itu korosif terhadap adat budaya dan nilai-nilai dan menyebar american kepentingan ekonomi. sedangkan karya Schiller dan lain-lain memberikan konsep-konsep budaya dan imperialisme media cakupan di kalangan akademisi.





Bahan : Buku The Fixity Of nation in International Median Studies
Wikipedia - ensiklopedia bebas

0 komentar: